Pengenalan Hardware dan software

Pengenalan Hardware dan software

Komputer intinya dibagi menjadi 3 bagian pokok :

1. Hardware : Yaitu Perangkat Keras computer terdiri dari perangkat Unit CPU, Perangkat Input dan Perangkat Output.

2. Software : Yaitu Perangkat Lunak Komputer terdiri dari Software Utama Operating System dan Software Tambahan.

3. Brainware : Yaitu manusia pengguna computer.

Hardware

Hardware atau perangkat keras computer merupakan sebutan fisik dari computer yang didalamnya tersusun dari berbagai peralatan elektrik yang rumit. Hardware dibuat dengan tujuan tertentu dan untuk mengerjakan pekerjaan tertentu sehingga masing-masing hardware memiliki fungsi yang berbeda namun dalam satu system yang saling berkaitan dan saling bekerja sama.

Hardware terdiri dari :

  1. Unit CPU : merupakan semua perangkat keras yang terkait dengan system utama CPU didalam sebuah Case PC.
  1. Perangkat Input : merupakan perangkat yang memiliki fungsi sebagai input atau masukan intruksi ke dalam Unit CPU, sehingga dengan peralatan ini kita dapat melakukan berbagai perintah ke dalam computer untuk diproses dan diterima hasilnya.








  1. Perangkat Output : merupakan perangkat yang memiliki fungsi sebagai output atau keluaran dari hasil pemrosesan input.







Unit CPU terdiri dari :

  • Case : Wadah atau tempat semua perangkat yang terkait CPU ditempatkan dan dirangkai sehingga perangkat CPU aman, ringkas, dan praktis.








  • Motherboard : Nama lainnya mainboard atau sebutan gaulnya MOBO, ini merupakan papan utama dimana semua perangkat utama computer tersambung dengannya. Didalamnya terdapat jalur-jalur data, pin-pin conektor dan slot-slot.
  • Processor : ini nama sebenarnya adalah CPU, disinilah semua proses data diolah dan semua perangkat dikendalikan
  • Memori : memori ada banyak macamnya, ada RAM, ROM, Cache, dan sebagainya. Perangkat ini memiliki fungsi sebagai penampung memori data yang sangat berperan membantu kerja processor.
  • Display : kartu VGA yang berfungsi khusus menampilkan tampilan computer di layar monitor.
  • Media Storage : ini sebenarnya termasuk kategori memori, hanya saja fungsinya tidak sama persis dengan memori, karena perangkat ini dikhususkan untuk menyimpan data secara permanen.
  • Optical Drive : ini perangkat yang memanfaatkan sinar optic didalam pembacaan media atau penulisannya.
  • PSU : power supply merupakan adaptor daya listrik yang berfungsi untuk memberikan suplai listrik ke computer.

Input Device terdiri dari :

  1. Keyboard : papan ketik dimana kita dapat memasukkan sederetan huruf, angka, dan symbol ke dalam computer sebagai intruksi untuk diproses.
  2. Mouse : alat ini berbentuk mirip tikus yang dapat digunakan melakukan intruksi langsung ke layar computer berupa icon yang disebut Cursor. Dengan mouse kita lebih cepat melakukan aneka perintah dengan klik, double klik, klik kanan dan scroll.
  3. Mic : dengan alat ini kita dapat memasukkan suara ke dalam PC, dan juga dapat melakukan intruksi via suara dengan software khusus.
  4. Scaner : dengan alat ini kita dapatmelakukan memasukkan data (visual) analog menjadi data digital.
  5. Dan masih banyak lagi peralatan lainnya.

Output Device terdiri dari :

  1. Monitor : dengan alat ini kita dapatmelihat semua proses dalam computer, tanpa monitor sangat sulit kita untuk melakukan intruksi dan melakukan analisis data serta melihat hasil kerja dari computer.
  2. Printer : ini merupakan alat untuk mencetak hasil olah digital computer ke lembar kertas
  3. Sound Speaker : ini alat untuk keluaran suara dari computer.
Dan sebagainya.

UNIT CPU

Orang sekarang jika menyebut PC yang terdiri hanya Case-nya saja dengan sebutan CPU. Sebenarnya CPU itu sendiri adalah sebutan untuk processor, namun kini telah berbeda dimana apabila disebutkan CPU berarti satu UNIT CPU yang terdapat dalam satu Case lengkap.

Penjelasan Dari Unit CPU:

1. Case : 3 hal yang patut dipertimbangkan didalam memilih case :

a. – Jenis bahan (gunakan yang bahan yang kuat dan kokoh).

b. – Jenis Ukuran (pilih yang ukurannya cukup besar sehingga muat untuk berbagai komponen yang di installkan).

c. – Jumlah Ventilasi udara (pilih yang kita dapat menempatkan banyak kipas ke dalam Case kita sehingga sirkulasi udara lancar dan CPU lebih dingin).

2. Motherboard : banyak hal yang harus dipertimbangkan didalam memilih sebuah motherboard, yang harus kita ketahui dan yang ada padanya adalah :





* Socket Processor : ini merupakan tempat dudukan processor. Bentuk dan model dari socket ini akan selalu berubah mengikuti perkembangan teknologi processor. Maka berbeda antara socket processor Pentium 1 dengan Pentium 3 atau Pentium 4. Intinya bentuk socket selalu mengikuti bentuk dari Chip Processor.

* Slot Processor : slot processor ini merupakan tempat dudukan processor tetapi penempatannya tidak seperti socket (diletakkan tidur), akan tetapi diletakan seperti slot (diletakan tegak/berdiri). Ini hanya ada pada jenis processor Pentium 2 dan 3. Kelebihannya anda tidak perlu menambahkan heatsink dan fan karena biasanya sudah satu paket.





* Slot RAM : ini merupakan tempat kita menancapkan keping modul RAM. Jenis slotnya disesuaikan dengan jenis RAM yang kita gunakan. Sebaiknya memilih mobo yang banyak menyediakan slot RAM.











* Slot PCI-E 16x : slot ini hanya ada pada mobo keluaran terbaru, biasanya digunakan untuk tancapan kartu VGA jenis terbaru. Dan slot ini adalah yang tercepat saat ini.

* Slot AGP :

slot ini hanya untuk kartu VGA jenis AGP dan memiliki kecepatan transfer data tercepat dizamannya sebelum munculnya PCI-Express 16X.


* Slot PCI : ini merupakan slot standar yang banyak didukung perangkat pihak ketiga, dahulu slot ini untuk menggantikan slot tertua yaitu slot ISA. Hingga kini slot ini masih banyak ditempatkan di mobo mutakhir untuk dukungan kartu ekspansi lainnya seperti modem, TVtuner, dsb.



* Slot ISA : ini merupakan slot tertua. Jarang lagi ditemukan pada mobo Pentium 3 dan tidak lagi ada pada mobo Pentium 4 keatas.

* Connector IDE/PATA : ini merupakan konektor kabel data dari Harddisk atau Optical drive ke Mobo. Biasanya terdapat dua conector yaitu IDE-1 dan IDE-2 atau Primary IDE dan Secondary IDE.




* Connector Floppy : ini merupakan konektor data untuk perangkat Floppy Disk atau Disket yang sudah tidak lagi di pakai dizaman ini.


* Connector PSU ATX : ini merupakan sambungan kabel daya dari PSU ke motherboard.

* Connector FAN : ini merupakan konektor dengan 3 pin yang biasa digunakan untuk sambungan daya ke kipas processor atau kipas lainnnya.

* Chipset : ini merupakan chip yang bertugas mengenali dan mengatur jalannya p

erangkat keras yang tersambung ke motherboard. Chipset ada 2 bagian, pertama bagian atas atau utara disebut Northbridge, tugasnya mengatur hubungan Processor, RAM dan Kartu VGA. Kedua yaitu bagian bawah atau selatan yang disebut Southbridge, ini tugasnya mengatur hubungan Slot PCI atau ISA, Harddisk atau Optical drive, dan port-port seperti USB, PS2 Keyboard-Mouse, Paralel(LPT), serial (Com), LAN, serta Sound.

* BIOS : ini merupakan chip yang berisi setting dasar perangkat keras, dengannya kita dapat melakukan perubahan nilai atau peningkatan performa dari hardware yang terpasang sehingga computer dapat berjalan lebih optimal dan maksimal.

* Batere : ini merupakan tempat sumber daya listrik yang digunakan untuk menghidupi setting BIOS agar tetap update dikala tidak dialiri listrik lagi dari PSU. Jika habis ditandai penanggalan dan jam selalu kembali ke settingan pabrik dan editan setting BIOS tidak tersimpan.

* Front Panel : ini merupakan sederetan pin yang sudah ditandai untuk disambungkan ke kabel power depan pada Case. Biasanya terdiri dari Power Buton, Reset/restart, harddisk LED, dan Power LED.

* USB Front Panel : ini merupakan sederetan pin yang diperuntukkan port USB tambahan yang biasanya ditempatkan didepan Case atau disampingnya.

* SoundPanel : ini merupakan sederetan pin yang diperuntukkan Port Sound tambahan yang biasanya satu baris dengan USB Front.

* Jumper Clear : ini merupakan sederet 3 pin yang biasanya 2 pin terpasang jumper. Jika jumper terpasang di pin 1 dan 2 biasanya untuk pemakaian normal, jika jumper di pin ke 2 dan 3 biasanya untuk clear setting

BIOS dan setting kembali ke default pabrikan.

* Port PS2 : ini merupakan Port Input/Output untuk keyboard dan mouse.

* Port LPT atau Paralel : ini biasanya digunakan untuk output Printer model lama.

* Port Serial atau COM : ini biasanya digunakan untuk I/O zaman dulu, seperti keyboard, mouse, dan lainnya.

* Port USB : ini merupakan port universal yang saat ini umum digunakan untuk terkoneksi dengan berbagai macam perangkat dengan kemudahannya yang bersifat Plug and Play.

* Port LAN : saat ini kartu LAN sudah onboard dengan Mobo, ini perangkat untuk urusan jaringan.

* Port Sound : saat ini Kartu Suara sudah onboard dengan Mobo, ini merupakan perangkat untuk urusan suara computer.

3. PROCESSOR : ada 2 pabrikan yang cukup terkenal dalam memperebutkan pasar Processor di dunia, yaitu INTEL dan AMD.

a. INTEL Corporation merupakan perusahaan processor PC yang menjadi pemain lama yang sangat terkenal dengan produksi processornya yang diberi nama Pentium, sejak munculnya Pentium MMX yang sudah mendukung multimedia membuat processor ini merajai pasar kala itu. Lalu muncul Pentium 2, Pentium 3, dan Pentium 4. Nama PENTIUM sudah melegenda sehingga dibenak semua orang ketika membeli computer selalu menyebut nama processor yang satu ini.

Produk Intel : Pentium sd Pentium 4, Celeron, Xeon, ATOM, Dual Core, Core 2 Duo, Core 2 quad, Core 2 extreme, dan yang terbaru Core i7. Pentium 1 – 4 dan termasuk variannya tergolong single atau solo Core (satu otak dalam satu die/chip processor), adapun untuk dual core hingga Core i7 termasuk double Core (terdapat lebih dari satu otak dalam setiap die/chip processor) dan ini merupakan teknologi terobosan Intel yang yang luar biasa.





b. AMD, ini merupakan nama pabrikan processor yang tidak sepopuler Intel, namun bukan berarti produknya tidak berkualitas. Justeru Produk AMD begitu digemari oleh para entusias Gamer, Multimedia dan Desain Graphis. Tentu saja hal ini hanya dikenal oleh mereka yang sudah benar-benar mengenal dunia computer. Bagi kaum awam, mereka masih asing dengan nama AMD. Kelebihan AMD yang paling dominan adalah harga yang lebih murah dengan kemampuan yang setara dari pada produk INTEL.

Produk AMD : AMD K5, K6, K6-2, K6-3, Barton, Xillion, Turion, Duron, Athlon, Sempron, Athlon X2, Opteron, Phenom x4.

4. Memori : memori terdiri dari :

ROM (Read Only Memory) ini merupakan memori yang ditanamkan dalam perangkat yang berisi informasi tentang perangkat itu sendiri yang tidak dapat diubah namun dapat dibaca. Contoh dalam hal ini adalah Informasi didalam Chipset pada motherboard.

RAM (Random Access Memory) ini merupakan memori utama yang cukup mempengaruhi kecepatan kerja dari sebuah computer. Hardware ini yang disebut modul RAM yang bisa kita gonta-ganti ke dalam computer kita. RAM jenisnya berubah mengikuti perkembangan Processor, dulu zaman Pentium 1 masih menggunakan EDORAM, di zaman Pentium 2 dan 3 diganti dengan SDRAM yang lebih panjang dan jumlah kaki pin lebih banyak dan tentu saja kecepatan akses lebih cepat. Kemudian di zaman Pentium 4 berubah lagi menjadi DDRAM dengan panjang sama dengan SDRAM akan tetapi jumlah pin kaki lebih banyak dan kecepatan akses lebih cepat. Setelah hadirnya dual core dalam satu processor maka muncul pula DDRAM type 2 disebut DDR2, ini memiliki kaki pin lebih banyak dari DDR1 dan kecepatannya pun meningkat cukup tajam.

Nah setelah dalam satu chip processor ditanamkan core hingga lebih dari 4 core, maka hadirlah DDRAM generasi ke 3 yang disebut DDR3, RAM ini dibuat lebih cepat, bertenaga dan kapasitasnya lebih besar.

Cache : cache merupakan memori yang berkecepatan tinggi yang ditempatkan diantara register dan RAM, fungsinya sebagai penampung data/intruksi sementara yang paling sering di jalankan sehingga didalam prosesnya processor tidak harus selalu mengakses RAM utama untuk mengolah data atau menjalankan intruksi akan tetapi cukup dengan berinteraksi dengan Cache memori yang sudah ditanamkan didalam processor itu sendiri, karena itu tidak heran jika processor zaman ini senantiasa terdengar besaran memori pada L1 Cache, atau L2 Cache, dan L3 cache untuk versi dual core keatas. Dan memori ini sangat mahal, sehingga harga processor akan sangat mencolok selisihnya jika didalamnya tertanam besaran Cache yang berbeda.

5. Display : ini terkait dengan bagian tampilan grafis computer. Ada 2 jenis VGA dipasaran :

- VGA Onboard : untuk jenis ini, kartu display-nya sudah ditanamkan menjadi satu dengan motherboard dan umumnya memori yang digunakan mencuri (mengambil/share) dari memori utama (RAM), karena itu jangan terkejut jika anda memiliki RAM 1 Gigabits ternyata tersisa 512 mb.

Hal ini terjadi karena RAM utama anda kapasitasnya diambil oleh VGA onboard separuhnya, sebab kapasitas memori VGA onboard anda 512 mb. Dari sisi kinerja tentu saja VGA jenis ini banyak memiliki keterbatasan, baik dari segi fitur maupun dari segi kemampuan lainnya. Bagi anda seorang GAMER atau suka Rendering video atau banyak berkutat dibidang desain Grafis dan multimedia, VGA onboard bukanlah pilihan yang tepat.

- VGA Add-on : untuk kartu VGA jenis ini didesain terpisah dengan Motherboard, kelebihannya ia memiliki Processor Grafis sendiri dan juga memiliki kapasitas memori sendiri yang tentu saja tidak tergantung dengan RAM utama sebagaimana yang onboard. Umumnya jenis Add-on ditanamkan banyak fitur dan lebih gegas dalam mengolah aneka grafis dan multimedia. Untuk VGA card jenis ini yang patut diperhatikan adalah : kapasitas memori pilih yang besar missal 256 mb atau 512 mb, lebar bandwith besar missal 128 bit atau 256 bit, jenis RAM yang dipakai GDDR tertinggi missal GDDR3 atau GDDR5, menggunakan Processor tercepat misal GPU Core Clock 650 Mhz atau 750 Mhz, support DirectX terbaru missal DirectX 9 atau 10, dan sebagainya.

6. Media Storage : ini merupakan media simpan data digital, ada 3 macam media storage yang banyak dijual dipasaran, yaitu ;

Harddisk ; harddisk masih menjadi media simpan utama bagi berbagai kebutuhan penyimpanan data computer. Terbuat dari bahan logam dan termasuk media simpan digital paling kuat dan awet. Saat ini kapasitas memori simpan Harddisk sudah mencapai bilangan Terrabits (1000 Gigabits). Harddisk saat ini sudah memiliki 2 model interface jalur data, yaitu yang lama tetap dengan memakai jalur IDE atau Paralel ATA, sedangkan yang terbaru saat ini menggunakan interface Serial ATA atau disingkat SATA. Kecepatan transfer data SATA jauh lebih cepat dibandingkan transfer data PATA/IDE. Maka untuk zaman ini membeli Harddisk SATA lebih baik disbanding Harddisk IDE/PATA.

SSD atau memori Flash : memori ini dikenal dengan kecepatannya didalam membaca dan menulis data, dan cara kerjanya pun tidak sama dengan Harddisk. Saat ini memori simpanan jenis SSD atau memori Flash sudah mulai menggantikan posisi Harddisk sebagaimana diperkenalkannya netbook (Notebook mini) dengan menggunakan SSD sebagai media storage utamanya.


Contoh SSD atau memori flash adalah seperti USB Flash Disk, SD Card, MMC Card, Mini SD, dan sebagainya.



Keping Compact Disk : media simpanan ini kita biasa mengenalnya dengan singkatan CD yang terbuat dari bahan plastic bening yang dilapisi bahan elektromagnetik. Media CD sudah dikenal lama, namun kini sudah mulai diganti dengan format baru yang lebih banyak menampung data digital walaupun masih tetap seukuran keeping CD seperti keping DVD, Blu Ray, dan HD DVD. Dengan format baru ini sekeping plastic HD atau Blu ray dapat menyimpan data hingga 80 Gb.


Optical Drive : ini merupakan perangkat drive optical dimana dengan media ini kepingan CD, DVD, Blu-ray dan HD dapat dibaca dan juga dapat ditulis. Media optic ini terbagi menjadi 2 penggunaan, yaitu :

Hanya digunakan untuk membaca saja ; ini disebut ROM, misal : CDROM, DVDROM, HD DVDROM, dan BDROM.


Dapat digunakan untuk membaca dan menulis; ini disebut Re-Write atau RW, misal: CDRW, DVDRW, BDRW dan HDRW.

Dapat digunakan membaca semua format tapi tidak dapat menulis semua format; ini biasa disebut Combo, misal; DVDRW-Combo (maksudnya dapat membaca CD dan DVD, juga dapat Menulis CD tapi tidak dapat menulis DVD).

8. PSU “Power Supply Unit” : ini merupakan adaptor yang mengubah arus AC menjadi DC dan menyuplaikannya ke Motherboard, Processor, serta perangkat lainnya seperti Harddisk, Optical drive dan sebagainya. PSU yang bagus akan menunjang kinerja perangkat dan juga menjaga daya tahannya.


Software

Jika hardware adalah jasadnya computer, maka software adalah ruh-nya atau jiwannya computer. Software merupakan perangkat lunak yang didesain untuk computer dengan fungsi-fungsi tertentu. Dengan software inilah hardware menjadi bermanfaat dan dapat difungsikan sebagaimana mestinya. Software terbagi menjadi 2 bagian pokok, yaitu :

  1. A. Software Utama atau Operating System.

Operating system biasanya disingkat OS, yaitu software dasar yang harus di install ke dalam computer untuk pertama kalinya. Tanpa adanya OS maka aplikasi-aplikasi software tidak dapat digunakan. OS dapat di katakan sebagai penterjemah antara manusia sebagai User dan mesin (hardware) sebagai pelaksana. Hardware adalah benda mati yang tidak mungkin dapat diajak berkomunikasi dan memahami apa yang disampaikan manusia, maka dengan diciptakan OS maka intruksi-intruksi dalam bahasa manusia dapat diterjemahkan oleh OS ke bahasa mesin (Assembly) dan mesin menerima intruksi tersebut, serta melaksanakan intruksi tersebut.

OS dipasaran dapat di kategorikan menjadi 3 ;

- OS Berbayar ; untuk dapat memnggunakan OS ini kita wajib membelinya dengan harga tertentu dan melisensikannya. OS seperti ini dibuat oleh perusahaan software yang memperkerjakan banyak karyawan, sehingga terkadang harga sebuah software OS dirasakan terlalu mahal, dan juga OS seperti ini bersifat protektif yang mana user tidak berhak mengubah apapun dari jeroan OS ini. Contoh OS ini adalah Microsoft Windows milik perusahaan Microsoft Corporation yang didirikan oleh Bill Gates.

OS Windows amat digemari karena konsep user friendly-nya, ditambah lagi Windows didukung perusahaan-perusahaan software raksasa lainnya seperti Adobe, Corel, dan sebagainya. OS ini merupakan OS yang paling banyak digunakan dan paling banyak dikuasai masyarakat dunia, karena itu penyakit untuk OS ini pun terbilang bejibun banyaknya seperti virus, malware, dan sebagainya. Microsoft Windows dibalik kemudahannya adalah OS yang paling tidak aman.

- OS Gratisan : OS ini didedikasikan oleh pembuatnya untuk digratiskan, OS ini dibangun dengan konsep Free yaitu kebalikannya dari OS berbayar. Dengan OS ini anda tidak dipungut biaya apapun dan tidak dituntut lisensi apapun. Kita pun dapat melakukan modifikasi atas jeroan OS ini dan boleh menggunakan nama kita sendiri untuk menamai OS modifikasi tersebut, hanya saja kita dilarang mengklaim hak cipta, dilarang mengkomersilkannya untuk mencari keuntungan semata, dan bebas yang tetap terikat beberapa aturan.

Contoh OS ini adalah Linux, variannya sudah sangat banyak sekali, tampilan GUI-nya pun luar biasa, ringan dan sedikit masalah dengan Virus dan antek-anteknya. OS ini kurang didukung vendor software besar tapi mampu tetap eksis dan perkembangannya semakin familiar tanpa meninggalkan tingkat keamanannya yang tinggi. Bagi yang berkantong tipis, OS ini layak menjadi pilihan.

- OS Paketan : OS ini sebenarnya masih satu kakek dengan LINUX, yaitu berasal dari UNIX. Hanya saja OS ini didesain khusus untuk mesin computer produksi Apple Corporation. Apple memproduksi hardware PC sendiri yang juga mereka buatkan Softwarenya sendiri pula. Maka ketika kita membeli komputer buatan Apple maka didalamnya sudah tertanam OS buatan Apple yang diberi nama MacOS. Oleh karena itu OS ini hanya cocok dan hanya mau dipasang di mesin computer buatan Apple. OS ini terbilang eksklusif dan harga computer buatan Apple tergolong mahal, namun kualitas selalu terdepan.


Labels : news investment systems Anti Vir free template car body design

0 Response to "Pengenalan Hardware dan software"

Posting Komentar