13 Cara Murah, Meriah, dan Mudah Belajar Bahasa Inggris

That Was Easy

Bahasa Inggris sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Namun tidak sedikit yang merasa belajar bahasa Inggris itu sulit. Nah, berdasarkan pengalaman pribadi, berikut saya sampaikan tips bagaimana belajar bahasa Inggris yang murah, meriah, dan tentunya mudah :)

    • Paksakan diri untuk bisa. Rasa ragu, takut, dan malas pasti ada. Lawan itu dan jangan takut untuk berbuat kesalahan. Keahlian tidak didapatkan begitu saja, tapi melalui sebuah proses. Takut salah, berarti takut proses, berarti takut untuk bisa.
    • Baca buku/Cerita anak-anak. Untuk pemula saya menyarankan untuk membaca cerita anak-anak. Kenapa? Buku cerita anak menggunakan bahasa Inggris yang mudah dimengerti. Apabila kita sudah dengan mudah untuk mengerti buku cerita anak-anak, rasanya relatif lebih mudah untuk membaca tulisan lainnya. Kalau tidak bisa dapat di toko buku (karena mahal misalnya), cari aja di Internet. Banyak kok, gratis pula.
    • Go Online. Internet merupakan sarana belajar bahasa Inggris yang luas, mudah, dan murah. Gunakan mesin pencari dengan memasukkan keywords seperti: “learn english online free”.
    • Baca Berita. Ini juga ikut membantu. Bisa dengan secara online maupun membeli koran/majalah berbahasa Inggris. Tapi saya sarankan setelah bisa memahami buku cerita anak dengan mudah.
    • Menulis. Membaca adalah proses belajar dengan menyerap ilmu, sedangkan menulis merupakan proses belajar dengan mengaplikasikan ilmu. Buatlah catatan-catatan ringan. Jangan malu kalau terlihat kacau. Orang malu belajar adalah orang yang tertinggal. Kalau perlu buat blog bebahasa Inggris ;;)
    • Sering-sering pakai komputer. Komputer sekarang ini kebanyakan berbasis bahasa Inggris. Makin sering kita memakai, kita juga secara tidak langsung melatih diri untuk mengerti bahasa Inggris. Kalau perlu buka-buka menu Help di setiap applikasi yang kita buka.
    • Rubah setting bahasa di Handphone ke bahasa Inggris. Menu handphone yang berbahasa Indonesia mungkin lebih nyaman untuk dipakai. Tapi kalau mau bisa bahasa Inggris hal-hal kecil seperti ini bisa membantu.
    • Mulai bicara pakai bahasa Inggris. Tidak apa-apa campur-campur pakai bahasa Indonesia. Ini bukannya mau pamer, tapi membiasakan otak kita untuk bicara bahasa Inggris.
    • Ganti tampilan Facebook dan Webmail ke bahasa Inggris. Saya yakin jejaring sosial dan webmail sudah menjadi mainan sehari-hari kita. Nah, coba rubah tampilan bahasanya ke dalam bahasa Inggris. Ini juga bisa membantu loh.
    • Nonton DVD berbahasa Inggris. Matikan teks terjemahannya dan pelajarilah dialog yang ada di film tersebut. Kalau bingung barulah menampilkan teks terjemahan untuk lebih memastikan. Untuk film-film bukan berbahasa Inggris, selalu gunakan teks terjemahan bahasa Inggrisnya.
    • Main Game RPG. Kalau suka main game, cobalah bermain RPG (role playing game). Game jenis ini menggunakan banyak teks. Jadi untuk bisa mengerti alur ceritanya kita mau tidak mau harus mengerti teks-teks yang ditampilkan. Untuk tatanan bahasanya sendiri biasanya cukup mudah dimengerti dan sudah sesuai dengan aturan berbahasa Inggris pada umumnya.
    • Baca buku manual dari barang yang kita beli. Buku manual merupakan media latihan yang baik. Apabila kita membeli barang seperti handphone, kulkas, televisi, dan sebagainya, sempatkanlah membaca buku manualnya yang berbahasa Inggris. Kalau bingung kita bisa selalu melihat manual dalam bahasa Indonesianya.
    • Cari teman yang bisa bahasa Inggris. Ajak dia untuk mengobrol dengan bahasa Inggris. Tidak perlu Inggris terus-terusan, malah bikin kagok biasanya. Mengobrol saja seperti biasa tapi campurlah dengan bahasa Inggris. Tidak perlu malu dibilang seperti Chuinta Laura. Namanya juga belajar kan? ;)

Bagaimana? Tidak susah bukan? Yuk, kita belajar bahasa Inggris.

Happy Learning! :)

dari: http://adityafajar.com/2010/02/10/13-cara-murah-meriah-dan-mudah-belajar-bahasa-inggris/


Labels : news investment systems Anti Vir free template car body design

0 Response to "13 Cara Murah, Meriah, dan Mudah Belajar Bahasa Inggris"

Posting Komentar